Berdasarkan informasi yang dibagikan PUSPENDIK

(Pusat Asesmen Pendidikan) melalu laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id/tka/ disampaikan bahwa Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SMP/MTs/sederajat

mengukur kemampuan murid dalam memahami fakta, konsep, prinsip, dan prosedur matematika, serta kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan masalah (problem solving).

Muatan Matematika SMP Sederajat

Muatan TKA Matematika SMP/MTs/sederajat merujuk pada elemen kurikulum atau ma matematika yang dipelajari murid yang ada pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Elemen ini meliputi:

  • bilangan,
  • aljabar,
  • geometri dan pengukuran, serta
  • data dan peluang.

Penggunaan logika matematika diintegrasikan langsung dengan elemen matematika yang tertera dalam kurikulum. Pengetahuan matematika diukur melalui permasalahan dalam konteks matematika dan permasalahan dalam konteks keseharian yang dapat meliputi kejadian atau situasi di lingkup personal, keluarga, atau lingkungan sekitar yang bersifat lokal.

Matriks Asesmen Matematika SMP/MTs Sederajat

  • (1) Bilangan Real Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Perbandingan dan sifat-sifat bilangan;
    • Operasi aritmetika pada bilangan;
    • Estimasi/ perkiraan hasil perhitungan;
    • Faktorisasi prima bilangan asli;
    • Rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan);
    • Perbandingan senilai dan berbalik nilai.
  • (2) Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Persamaan linear satu variabel;
    • Pertidaksamaan linear satu variabel;
    • Sistem persamaan linear dua variabel.
  • (3) Bentuk Aljabar Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Bentuk aljabar dan sifat-sifat operasinya (komutatif, asosiatif, dan distributif).
  • (4) Fungsi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Relasi dan fungsi (domain, kodomain, range), serta penyajiannya.
  • (5) Barisan dan Deret Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Barisan berhingga bilangan;
    • Deret berhingga bilangan.
  • (6) Objek Geometri Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Hubungan antar- sudut yang terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejajar yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga);
    • Teorema Pythagoras.
    • Kekongruenan dan kesebangunan bangun datar;
    • Jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas dan kerucut).
  • (7) Transformasi Geometri Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Transformasi tunggal (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) terhadap titik, garis, dan bangun datar pada bidang.
  • (8) Pengukuran Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya);
    • Volume bangun ruang (prisma, limas, dan bola).
  • (9) Data Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Perumusan pertanyaan untuk mendapatkan data, serta penyajian, dan peginterpretasian data;
    • Penentuan dan penaksiran rerata (mean), median, modus, dan jangkauan (range) dari data;
    • Perbandingan ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran beberapa kelompok data.
    • Volume bangun ruang (prisma, limas, dan bola).
  • (10) Peluang Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
    • Peluang dan frekuensi relatif dari kejadian tunggal.

  • Contoh Soal TKA Matematika SMP Sederajat dan Kunci Jawaban

    Contoh soal TKA Matematika SMP/MTs Sederajat ini, silahkan dikerjakan terlebih dahulu secara mandiri sebelum membuka buku atau sumber lain untuk melihat pembahasan soal.

    Petunjuk Pengerjaan Soal:
    Bentuk soal pilihan ganda, pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Kamu merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, maka pilihlah yang paling benar.


    1. Contoh Soal TKA Matematika SMP

    Terdapat tiga yang dinyatakan dengan $(33^{2} − 3^{2})$, $(8^{2} + 296)$, dan $(36 \times 35)$.

    Bilangan apa saja yang merupakan faktor persekutuan ketiga bilangan tersebut?
    Pilihlah jawaban yang benar!
    1. $2^{3} \times 3^{3} \times 7$
    2. $2^{2} \times 3^{2} \times 7$
    3. $2^{2} \times 3^{2} \times 5$
    4. $2 \times 3^{2} \times 5$

    2. Contoh Soal TKA Matematika SMP

    Harga setengah kilogram cabe rawit pada hari ini adalah $\text{Rp}35.000,00$.
    Jika hari ini Ibu membeli cabe rawit seberat $2\frac{1}{4}$ kilogram, total harga yang harus dibayar Ibu adalah....

    3. Contoh Soal TKA Matematika SMP

    Misalkan $a$ dan $b$ merupakan dua bilangan real sehingga sistem persamaan linear (SPL) \begin{cases} 2x+ay = 4 \\ bx-2y =-1 \end{cases} mempunyai solusi $(𝑥, 𝑦) = (5,-2)$.
    Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut terkait dengan nilai $a$ dan $b$!
    • (1) $a$ merupakan bilangan prima.
    • (2) $b$ merupakan bilangan ganjil.
    • (3) $10a + b = 31$.

    4. Contoh Soal TKA Matematika SMP

    Desain jembatan yang tepat sangat penting untuk memperkuat struktur karena menentukan kestabilan, ketahanan, dan keselamatan jembatan dalam menghadapi beban dan kondisi lingkungan. Salah satu contoh desain jembatan tampak pada gambar.


    Bagian rangka jembatan tersebut dapat digambarkan dengan sketsa garis sebagai berikut:


    Diketahui garis $L1$ sejajar dengan garis$L2$ dan garis $L3$ sejajar dengan garis $L4$.
    Jika besar sudut $A$ adalah $50^{\circ}$, tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
    1. Besar sudut $D$ adalah $50^{\circ}$
    2. Besar sudut $C$ dapat ditentukan dengan menggunakan aturan sudut berpelurus yaitu sebesar $50^{\circ}$
    3. Sudut $B$ dan $E$ sama besar yaitu $130^{\circ}$

    5. Contoh Soal TKA Matematika SMP

    Pak Doni mempunyai rumah dengan tampak samping kanan sebagai berikut.


    Pak Doni ingin mengecat dinding samping kanan rumah tersebut. Terdapat empat merek cat di pasaran yang dapat digunakan Pak Doni seperti ditunjukkan pada tabel berikut.


    Pak Doni ingin membeli cat dengan merek yang sama. Supaya sisa cat yang dibeli paling sedikit, cat merek apakah yang sebaiknya dipilih?

    6. Contoh Soal TKA Matematika SMP

    Berdasarkan data diketahui bahwa rata-rata berat satu butir telur kecil 45 gram, satu telur sedang 55 gram, dan satu telur besar 65 gram. Seorang karyawan toko bahan pangan, sedang mengemas setiap 10 butir telur ke dalam satu kemasan dengan ketentuan bahwa rata-rata berat per telur dalam setiap kemasan tersebut adalah 55 gram.

    Jika dalam satu kemasan sudah berisi 1 telur besar, 5 telur sedang, dan 2 telur kecil, maka dua telur tambahan yang harus dipilih supaya tetap memenuhi aturan pengemasan adalah....